eSp, Paket Teknologi Bikin Sepeda Motor Honda Makin Advance

 

OTOMOTIFXTRA. eSp ( enhanced Smart Power ) atau bahasa awamnya peningkatan tenaga dengan cerdas, merupakan konsep teknologi yang diterapkan oleh Astra Honda Motor dalam mengembangkan produknya di masa yang mendatang.

 

Ketatnya persaingan  di pasar motor dunia membuat Honda semakin terpacu untuk mengembangkan teknologi setiap produknya.

 

Apalagi tuntutan dari berbagai organisasi lingkungan dunia yang menginginkan bahwa setiap kendaraaan yang ada dijalanan adalah kendaraan yang ramah lingkungan.

 

Untuk menjawab semua tantangan tersebut dan mempertahankan posisi Honda sebagai pemimpin pasar motor nasional maupun dunia yang mencatat rekor dunia untuk jualan sepeda motor di angka 5.05juta unit/tahun, mempersembahkan sebuah konsep teknologi baru yaitu eSP ( enhanced Smart Power ).

 

Hal ini bukan pertama kalinya di dunia sepeda motor apalagi di dunia otomotif global, karena pada kendaraan roda empat telah terlebih dahulu melakukannya, Mazda dengan teknologi Skyaktiv dan Ford dengan teknologi Eco Bost.

 

eSP merupakan penggabungan dari beberapa teknologi yang tergabung dalam sebuah paket yang terdiri dari :

 

1.     ACG Starter
Teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara sekaligus mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System).

 

2.     Offset Cylinder
Berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

 

3.     Roller Type Rocker Arm
Menggunakan Shell type Needle Bearing sebagai sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup.

 

4.     Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

 

5.     Squish
Berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

 

6.     Tumble
Berfungsi agar penyebaran bahan bakar yang merata dan menjadikan pembakaran lebih baik.

 

7.     Teknologi PGM-FIYaitu sistem suplai bahan bakar dengan menggunakan sistem semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

 

8.     Teknologi CBS
Yaitu dengan menarik tuas rem kiri maka rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan.

 

9.     Teknologi ISS
Yaitu teknologi yang dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar  sedikit tuas gas.

 

“Ini adalah paket teknologi yang kami berikan pada pasar sepeda motor nasional, dimana paket ini akan bemberikan nilai lebih pada pengguna diantaranya tenaga yang optimal, irit bahan bakar serta ramah lingkungan,” jelas Sarwono Edi selaku Tecnhnikal Service Training Manager AHM.

 

 

Tag Terkait:
Sumber:

BERITA TERKAIT